Diberdayakan oleh Blogger.

Gabung Yukk

anakgaring On Sabtu, 24 Agustus 2013


(garing) - Gerakan-gerakan shalat, pada dasarnya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan ketenangan jiwa. Tapi dari kesekian gerakan shalat, udah lama aku bertanya dalam hati, bertanya kepada-Nya apa manfaat rukuk bagi tubuh.

Rukuk? Apa gunanya? Seperti sesuatu yang sia - sia. Tak ada gunanya. Namun, Dia menjawab pertanyaanku. Iyaa, Dia menjawabnya dengan cara yang luar biasa. 

Saat aku dalam keadaan sangat lelah. Membawa beban seberat 15 kilogram. Ditengah - tengah rute bukit penyesalan menuju puncak rinjani. Orang - orang menyebutnya bukit penyesalan. Karena banyak pendaki merasa menyesal telah memilih mendakinya. Setelah menanjaki satu bukit, banyak pendaki mengira mereka akan sampai. Tapi, dibaliknya ada bukit lagi, ada bukit lagi, dan ada bukit lagi. Kau akan melalui bukit ini jika berangkat dari pelawangan sembalun.

Lalu, dalam keadaan seperti itu, aku mencoba mengambil posisi rukuk. Dan waaaooww, dadaku yang sebelumnya sesak terasa plong, jantungku menjadi leluasa memompa darah, otakku yang sebelumnya pening terasa normal kembali. Sekitar 3 menit aku berada pada posisi ini, rasa lelah dan letih seakan tercabut seketika. What the great of rukuk!.

Akhirnya, aku berhasil menaklukkan puncak gunung rinjani. Sekaligus membayar lunas ambisiku mendirikan shalat fajar disana, di daratan tertinggi NTB, 3726 mdpl (meter diatas permukaan laut). Tepat dihari kemerdekaan indonesia, 17 agustus .


Jika kau berada disana, kau akan merasakan rasa nasionalime mu berada pada puncak tertinggi, serasa baru merdeka. Tepat pukul 06.30,para pendaki penakluk puncak rinjani mengibarkan bendera merah putih, menyanyikan lagu indonesia raya, bersama - sama. Di sambut cahaya sunrise. Membuat bulu kuduk merinding.
trek menuju puncak berpasir dan berbatu, trek yang membuat asa meloncat dari tubuh
capek terbayar lunas, sungguh sangat - sangat indah, indah kebersamaan, indah pemandangan, dan indah hati
Bangsa ini sungguh menakjubkan. Alhamdulillah.
17 agustus 2013 / 10 syawal 1434 H.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments