Diberdayakan oleh Blogger.

Gabung Yukk

anakgaring On Senin, 11 Februari 2013

Belakangan ini, aku nyoba lirik - lirik buku bertopik fisika kuantum (quantum Physics), yang mempelajari tentang benda yang sangat kecil tetapi bergerak sangat cepat. Adakah beda yang seperti itu? jawabannya ada. selalu ada dissekeliling kita malah. Tapi tak banyak orang menyadari. Apa itu?? tentu saja itu adalah cahaya. 

Pernahkah kita berada atau berdiri di padang rumput nan hijau. Secara kasat mata dari kejauhan, padang tersebut hanya dipenuhi oleh rumput hijau, rumput tersebut seolah menyatu seperti jel, tak terpisahkan, tapi setelah kita melihat lebih dekat , ternyata rumput tersebut tumbuh secara sendiri - sendiri, terpisah. 

Begitu juga dengan cahaya, secara kasat mata terlihat sebagai satu kesatuan yang tak terpisahkan atau sebagai gelombang. tetapi setelah kita melihat lebih dekat, misalnya dengan menggunakan mikroskop elektron, cahaya tersebut terpisah, tersusun atas partikel - partikel. 

Gampangnya, anggap sajalah partikel ini manusia, manusia berderet - deret dijalan raya sedang perlombaan lari maraton, tapi larinya dengan kecepatan 300.000.000 meter/detik. very very fast.

Kembali ke pertanyaan diatas, Mungkinkah manusia berada dalam dua tempat dalam waktu yang bersamaan??

Dalam Fisika modern atau lebih spesipik aku menyebutnya dunia kuantum, misalnya cahaya dari lampu center kita tembakkan ke 2 buah tembok yang terbuat dari bahan gelas, kedua tembok terpisah 1 cm. Yang mengejutkan, tenyata muncul PARTIKEL YANG SAMA atau MANUSIA YANG SAMA pada tempat sebelum tembok dan setelah tembok. 

Ini artinya, partikel atau manusia itu berada pada DUA TEMPAT YANG BERBEDA  pada WAKTU YANG SAMA. jadi, Mungkinkah manusia berada dalam dua tempat dalam waktu yang bersamaan?? 

Jawabannya mungkin, tapi dalam dunia kuantum. gmana cara kita memasuki dunia kuantum?? ketika kita bergerak sangat cepat mendekati kecepatan cahaya 300.000.000 meter/detik.  Usain Bolt aja yang jadi pelari tercepat di dunia cuma mampu lari 10,31 meter/detik. 

Lalu, gmana bisa bergerak secepat itu untuk masuk ke dunia kuantum??. Nah, yang ini cari tahu sendiri yaaa caranyaa. .,hehehehe : D



 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments